Mudah, Syarat Gadai BPKB Mobil & Motor di Pegadaian

Mudah, Syarat Gadai BPKB Mobil & Motor di Pegadaian

Ketika Anda ingin menggadaikan BPKB kendaraan di Pegadaian, maka caranya mudah sekali. Begitu juga dengan syarat gadai BPKB mobil & motor di Pegadaian, bisa dipenuhi dengan gampang. Hanya beberapa dokumen penting yang harus dipersiapkan.

Namun, Pegadaian hanya bisa meminjamkan uang untuk keperluan usaha. Oleh karena itu pula, dibutuhkan surat keterangan usaha yang telah berjalan minimal satu tahun. Lembaga resmi milik pemerintah ini pun bersedia memberikan tambahan modal sesuai kebutuhan pemohon pinjaman.

Syarat Gadai BPKB Mobil & Motor di Pegadaian, Gampang Dipenuhi

Pegadaian memiliki status lembaga resmi dari pemerintah yang memberikan pembiayaan kepada masyarakat sesuai dengan hukum gadai di Indonesia. Kantornya pun bisa ditemukan di berbagai kota wilayah Indonesia. Lalu bagaimana dengan cara dan syarat gadai BPKB mobil & motor di Pegadaian?

Menggadaikan BPKB kendaraan di Pegadaian ini cukup mudah. Syarat yang diberikan juga bisa dipenuhi dengan cepat. Sehingga proses pengajuan pinjaman bisa diproses dalam waktu singkat.

Syarat Gadai BPKB

Ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi, baik berupa dokumen asli atau fotokopi.Di bawah ini adalah syarat gadai BPKB kendaraan di Pegadaian:
  • Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia.
  • Minimal berusia 21 tahun, maksimal usia 60 tahun.
  • Telah bekerja dengan minimal masa kerja 1 tahun.
  • Melengkapi dokumen yang diminta oleh pihak Pegadaian.
Dokumen yang harus dilengkapi oleh pemohon biasanya adalah:
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  • Fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
  • Fotokopi BPKB mobil atau motor yang akan digadaikan.
  • Fotokopi buku nikah, kalau ada.
  • Surat keterangan usaha.

Cara Gadai BPKB di Pegadaian Menggunakan Sistem Fidusia

Gadai adalah sistem yang digunakan dengan menyerahkan jaminan untuk mendapatkan pinjaman dana. Cara ini sudah berlaku sejak lama di tengah masyarakat. Barang jaminan bisa berupa perhiasan, logam mulia, BPKB kendaraan dan banyak lagi lainnya.

Sistem Fidusia berbeda dengan sistem gadai yang mengharuskan barang jaminan berada di tangan pemberi pinjaman. Pada sistem ini, nasabah hanya perlu menyerahkan fotokopi STNK dan BPKB asli kepada pihak Pegadaian. Sertakan juga faktur pembelian mobil dan motor. Sisanya sama dengan syarat gadai BPKB mobil & motor di Pegadaian seperti di atas. 

Pada sistem Fidusia, nasabah wajib menyerahkan surat keterangan usaha yang telah berjalan minimal selama satu tahun. Pasalnya Pegadaian memang bertujuan memberikan tambahan modal kepada pelaku usaha agar dapat mengembangkan usahanya menjadi lebih besar.

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengajukan gadai di Pegadaian:

Datang ke Pegadaian

Nasabah bisa datang langsung ke Pegadaian dan menyatakan keinginan menggadaikan BPKB mobil atau kendaraan.

Isi Formulir

Petugas biasanya akan menyerahkan formulir yang harus diisi. Sertakan pula syarat gadai BPKB mobil & motor di Pegadaian.

Bila syarat sudah lengkap dan formulir telah diisi, maka proses peminjaman akan dilangsungkan. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih selama 3 hari, dengan petugas siap melakukan pengecekan kendaraan.

Proses Pencairan

Jika pinjaman disetujui, nasabah akan diminta datang ke kantor Pegadaian dengan membawa BPKB asli. Nasabah juga harus menandatangani beberapa dokumen berisi perjanjian kredit menggunakan sistem Fidusia. BPKB pun diserahkan pada Pegadaian.

Biaya Administrasi

Setelahnya nasabah bisa membayar biaya administrasi secara tunai atau memilih untuk dipotong langsung dari pinjaman. Baru nasabah bisa menerima uang pinjaman tunai untuk keperluan usaha.

Demikian cara dan syarat gadai BPKB mobil & motor di Pegadaian dengan menggunakan sistem Fidusia. Nasabah tidak perlu khawatir menggadaikan BPKB di sini, karena Pegadaian adalah lembaga resmi dari pemerintah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *