Syarat Gadai BPKB Mobil & Motor di Bank BRI

Syarat Gadai BPKB Mobil & Motor di Bank BRI, Cara dan Keunggulannya

Setiap orang tentu membutuhkan uang untuk berbagai kebutuhan. Sehingga syarat gadai BPKB mobil & motor di bank BRI pun dicari tahu. Demi memenuhi kebutuhan yang terasa mendesak dan berjumlah cukup besar.

Terkadang meminjam merupakan satu-satunya solusi yang ada ketika berada dalam kondisi sulit. Namun, meminjam ke teman maupun saudara juga bukan pilihan yang tepat. Berbeda dengan bank BRI yang selalu siap memberikan pinjaman, apalagi jika disertai dengan jaminan. Bisa berupa surat tanah atau BPKB kendaraan.

Syarat Gadai BPKB mobil & Motor di Bank BRI dan Caranya

Bagi masyarakat, nama bank BRI sudah sangat familiar. Bank ini juga menjadi pilihan utama untuk menyimpan uang. Tidak heran, karena BRI merupakan salah satu bank tertua yang berdiri di Indonesia.

BRI juga menjadi tempat yang tepat untuk menggadaikan BPKB kendaraan untuk mendapatkan sejumlah uang. Cara dan syarat gadai BPKB mobil & motor di BRI juga tidak terlalu banyak, sehingga bisa dipenuhi dengan mudah.

Syarat Gadai BPKB Mobil & Motor di BRI

Syarat-syarat pengajuan pinjaman dengan menggunakan jaminan atau gadai di bank BRI butuh perhatian khusus. Juga persyaratan kurang, maka pengajuan pinjaman akan ditangguhkan oleh pihak bank. Berikut merupakan syarat gadai BPKB mobil & motor yang harus dipersiapkan oleh nasabah:

  • Warga Negara Indonesia.

Hanya penduduk dengan status warga negara Indonesia yang boleh mengajukan pinjaman atau gadai.

  • Minimal 21 Tahun.

Nasabah yang ingin menggadaikan BPKB minimal berusia 21 tahun, tetapi tidak boleh melebihi usia 55 tahun.

  • Memiliki Tabungan.

Agar proses gadai bisa lebih lancar, nasabah sebaiknya memiliki tabungan di bank BRI. Tujuannya agar saat pencairan dan pembayaran cicilan menjadi lebih mudah.

  • Domisili Dekat Bank.

Disarankan nasabah tinggal di lokasi yang masih berdekatan dengan kantor cabang BRI. Setidaknya masih berada dalam satu kecamatan yang sama.

  • Melengkapi Berkas.

Berkas yang harus dilengkapi antara lain adalah pas foto, fotokopi KTP, fotokopi KK, dan slip gaji. Tidak lupa menyertakan BPKB yang asli sebagai syarat gadai BPKB mobil & motor.

Cara Mengajukan Gadai BPKB di BRI

Setelah mengetahui apa saja syarat yang harus disiapkan dalam pengajuan gadai tersebut. Selanjutnya adalah melakukan pengajuan gadai BPKB itu sendiri. Begini langkahnya:

  • Datang ke Kantor Cabang BRI.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah datang langsung ke kantor cabang BRI. Lalu mengutarakan keinginan gadai BPKB kendaraan.

  • Isi Formulir.

Petugas bank biasanya akan menyerahkan formulir yang harus diisi oleh nasabah. Program BRI yang harus dipilih adalah KKB Refinancing. Produk yang menawarkan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil atau motor. Jangan lupa menyertakan syarat gadai BPKB mobil & motor.

  • Pilih Masa Tenor

Berikutnya memilih masa tenor pelunasan pinjaman. Waktu paling lama yang ditawarkan oleh BRI adalah selama 48 bulan atau 4 tahun. Nasabah bisa mempertimbangkan kemampuan setiap bulannya agar tidak terbebani.

  • Tunggu Kabar

Sesudah semua langkah tersebut dilalui, nasabah tinggal menunggu pemberitahuan dari bank. Umumnya waktu proses persetujuan akan memakan waktu dari 3 hari hingga 14 hari.

Dalam kurun waktu tersebut pihak bank akan melakukan survei ke rumah nasabah, serta meneliti data yang telahh diberikan. Hasilnya akan segera diberitahu apakah pengajuan diterima atau ditolak.

Bila pencairan disetujui, dana akan dicairkan melalui rekening bank BRI yang telah ada. Namun, bila terjadi penolakan, pihak bank pun akan menjelaskan alasan mereka.

Demikian cara dan syarat gadai BPKB mobil & motor di bank BRI. Bank ini sendiri menjadi pilihan paling populer bagi masyarakat untuk memperoleh dana dengan cara menggadaikan BPKB.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *